TERBARU: Teknologi Dalam Bidang Pertanian

ehwah 16.47


1.     PengertiAN Teknologi Dalam BiDANg PertANiAN
PertANiAN Adalah salah satu kebudaYAAN MANUsia YANg Telah laMA ada di muka bumi. Cara pengerjaAN DAN alat YANg digunAkAN tentu saja Sudah BANYAk berkembANg ..Teknologi Dalam biDANg pertANiAN merupAkAN penerapAN prinsip-prinsip MAteMAtika DAN ilmu pengetahuAN alam Dalam rANgka pendaYAgunaAN secara ekonomis sumberdaYA pertANiAN DAN sumberdaYA alam untuk kesejahteraAN MANUsia .
2.      Jenis -Jenis Teknologi Dalam BiDANg PertANiAN
• Bajak Kayu Kuno            
MEsir, Pada tahun 3000 sebelum MAsehi diperkirAkAN di sANa Sebuah alat pertANiAN sederhANa Telah muncul. Sebuah benda sederhANa YANg terBuat dari kayu YANg digunAkAN untuk membajak tANah secara SANgat sederhANa. SeTidaknYA bajak kayu Itu Dapat memecah tANah DAN mengubur benih.
• CANgkul
Benda pertANiAN sederhANa namun Tetap bertahAN Sampai Saat Ini . KaDANg Juga digunAkAN Dalam kegiatAN konstruksi. MEmiliki bagiAN MAta pisau YANg lebar Sehingga jauh lebih efektif disbANding bajak kayu YANg digunAkAN sebelumnYA. DiBawah Ini Adalah contoh cANgkul Pada MAsa kIni .
• Bajak Besi
Pada MAsa meMAsuki tahun MAsehi di inDia DAN di china Telah dikenal bajak YANg terBuat dari besi DengAN ukurAN Besar DAN biasa ditarik Oleh sapi Atau kerbau. Bajak Ini awalnYA Tidak berroda Sehingga bajak Ini Tidak ditarik Oleh satu ekor sapi saja, Harus sekelompok DAN serempak.
Seabad KemuDiAN diketahui Bahwa di Italy Telah ditemukAN bajak berroda. DAN bajak berroda Ini Terus berkembANg hingga abad ke-15 muncul bajak YANg lebih lengkap DengAN coulter DAN moldboard YANg berguna Sebagai pemotong.
`
Traktor terdahulu
Dari asal katANYA, traktor berarti alat peghela. MEMAng fungsi utaMA traktor ialah untuk menghela sesuatu. Itulah sebabnYA Semua traktor tentu Pada bagiAN belAkANgnYA dilengkapi DengAN sambungAN untuk tempat menggANdeng alat YANg AkAN dihela Tersebut. PengertiAN traktor kIni mulai berkembANg menjadi kendaraAN bermesin YANg khusus dirANcANg untuk menjadi penghela. Dari sejarahnYA, traktor meMAng dirANcANg awalnYA untuk menggANti hewAN hela DengAN mesin YANg lebih kuat.
Pada tahun 1860 mulai ditemukAN traktor bertenaga uap. Traktor jenis Ini tentu saja traktor YANg dioperasikAN DengAN Dinaiki bagai mobil (mobil DengAN lintasAN sawah).
Di awal tahun 1900AN muncul traktor baru bertenaga gas BuatAN Benjamin Holt YANg SeTelah bergabung DengAN berbagai perusahaAN terMAsuk perusahaAN diesel, traktor Tersebut berkembANg hingga menjadi traktor-traktor baru YANg ada Saat Ini DengAN berbagai jenis DAN kegunaAN YANg berbeda Juga.

3.     MANfaat Teknologi Dalam BiDANg  PertANiAN

Teknologi memegANg perANAN penting Dalam pengembANgAN potensi sumberdaYA tANaMAn pANgAN, sumberdaYA peternAkAN DAN sumberdaYA perikANAN. Teknologi YANg dihasilkAN dari penelitiAN DAN pengkajiAN (litkaji) AkAN menjadi sia-sia Jika Tidak DiaplikasikAN di lapANgAN, terutaMA Dalam upaYA pemberdaYAAN MAsYArakat tANi. Kondisi di lapANgAN meNUnjukkAN MAsih rendahnYA/terbAtasnYA inforMAsi teknologi YANg diteriMA Oleh petANi/pengguna Baik dari Balai PenelitiAN, Balai PengkajiAN Maupun PerguruAN Tinggi. KeberhasilAN diseminasi teknologi pertANiAN SANgat tergANtung Pada keSesuaiAN Antara inforMAsi teknologi pertANiAN YANg didiseminasikAN DengAN YANg dibutuhkAN Serta memperhatikAN kebutuhAN pengguna. Hasil penelitiAN/pengkajiAN AkAN kUrANg berMAnfaat apabila Tidak diikuti DengAN usaha penyebarluasAN inforMAsi Baik meLalui meDia ceTak, elektronik DAN pertemuAN, salah satunYA Temu Aplikasi Paket Teknologi PertANiAN. MEnginggat pentingnYA inforMAsi teknologi dari hasil litkaji YANg dilakukAN Balit DAN Balai pengkajiAN dirasa perlu untuk dibahas Dalam Temu Aplikasi Paket Teknologi PertANiAN sebelum disebarluaskAN. Temu Aplikasi Paket Teknologi PertANiAN merupAkAN forum pertemuAN Antara peneliti DAN penyuluh BPTP DengAN Dinas Lingkup PertANiAN, Pemda, Penyuluh/petugas pertANiAN, pelatih DAN pengajar biDANg pertANiAN, widYAiswara, konTaktANi/nelayAN. TujuAN pelaksANaAN Temu Aplikasi Paket Teknologi PertANiAN Adalah Sebagai wadah untuk membahas kelayAkAN suatu teknologi pertANiAN, tukar meNUkar pengalaMAn DAN pemikirAN/penDapat tentANg keSesuaiAN suatu teknologi pertANiAN guna meningkatkAN produktivitas Serta menjalin kerjaSaMA Antara peneliti/penyuluh BPTP NANggroe Aceh Darussalam DengAN penyuluh/petugas pertANiAN, pengambil kebijAkAN, pelatih, pengajar, widYA­iswara,petANi-nelayAN/KTNA DAN pihak lain YANg terkait DengAN pembANgunAN pertANiAN. Temu Aplikasi Paket Teknologi PertANiAN pertaMA Telah dilaksANAkAN Pada tANggal 19 September 2003 di Aula BPTP NANggroe Aceh Darussalam DengAN teMA “ PengembANgAN PengelolaAN Padi Terpadu di Provinsi NANggroe Aceh Darussalam” DAN tANggal 10 Desember 2003 di Aula BAPPEDA Kabupaten Aceh Barat DengAN teMA “ Teknologi Tepat Guna untuk mendukung KetahANAN PANgAN di Provinsi NANggroe Aceh Darussalam”.
4.     Contoh Energi Terbaru Dari BiDANg PertANiAN
• Traktor TANgAN
Seiring DengAN berjalANnYA Waktu lahAN pertANiAN mulai terpecah, menyusut DAN menyempit. KebutuhAN traktor Sebagai alat bANtu bajak tANah seMAkin meningkat namun Para petANi mulai kesulitAN menDapatkAN traktor kendara (traktor roda empat) Karena Harga YANg cukup tinggi DAN kUrANg efisien Pada lahAN YANg sempit.
• Traktor CANggih
Pada tahun 1970-AN Pada Saat perANg dingin Amerika Serikat mengembANgkAN teknologi GLobal Positioning Sistem Atau GPS untuk menentukAN tempat di bumi meLalui bANtuAN satelit. GPS Tersebut digunAkAN untuk mengarahkAN bom DAN rudal secara lebih akurat. Pada tahun 2000 pemerintahAN Clinton mengizinkAN GPS digunAkAN untuk tujuAN non-militer, DAN menjadikAN penggunaAN komersial teknologi GPS berkembANg pesat, terMAsuk Dalam Dunia pertANiAN.
Traktor YANg memiliki hubungAN DengAN satelit GPS Dapat melakukAN menANam benih, menyemprotAN herbisida, menggarap sawah, DAN meMAnen DengAN lebih efisien Karena Bisa dikatAkAN Saat traktor cANggih Ini bekerja Tidak ada bagiAN lahAN YANg YANg menDapat perlakuAN SaMA (contohnYA penyemprotAN herbisida) seBANYAk dua kali.
5.     Dampak Teknologi PertANiAN Terhadap LingkungAN DAN KesehatAN
-Dampak Terhadap LingkungAN
A. PerubahAN iklim
PerubahAN iklim DAN pertANiAN merupAkAN proses YANg Saling terkait di MAna keduANYA terjadi Pada skala gLobal. PertANiAN mempengaruhi perubahAN iklim, DAN perubahAN iklim mempengaruhi pertANiAN. PeMAnasAN gLobal diketahui Dapat mempengaruhi pertANiAN Karena peningkatAN temperatur, perubahAN pola iklim DAN presipitasi, DAN pelelehAN gletser. Hal Ini mempengaruhi kapasitas biosfer Dalam memproduksi bahAN pANgAN untuk kebutuhAN poPulasi MANUsia YANg Terus meningkat. PeningkatAN level karbon dioksida AkAN memiliki efek Baik Maupun buruk Terhadap hasil pertANiAN. PenilaiAN efek perubahAN iklim Pada pertANiAN AkAN membANtu ANtisipasi DAN adaptasi usaha pertANiAN. Di Saat YANg SaMA pertANiAN diketahui memberikAN pengaruh Terhadap perubahAN iklim Karena menyumbANg gas ruMAh kaca Seperti karbon dioksida dari mesin pertANiAN DAN pembakarAN hutAN, metAN dari pelapukAN sampah pertANiAN DAN kotorAN ternak, DAN NO2. Selain Itu, pertANiAN Juga memberikAN pengaruh dari aktivitas pengubahAN fungsi lahAN.[1]
 
B. Deforestasi
Salah satu penyebab deforestasi Adalah sistem tebANg habis untuk mengubah hutAN menjadi lahAN pertANiAN. BerdasarkAN NorMAn Myers, diketahui Bahwa 5% lahAN hutAN YANg mengalami deforestasi digunAkAN Sebagai lahAN peternAkAN, 19% diAkibatkAN Oleh penebANgAN hutAN berlebih, 22% Karena perluasAN lahAN perkebunAN kelapa sawit, DAN 54% Karena parktek tebANg DAN bakar. Di tahun 2000, PBB meLalui FAO menemukAN Bahwa deforestasi MAmpu menyebabkAN tekANAN Terhadap poPulasi DAN stagnasi ekonomi, sosial, DAN teknologi."[3]

C. PenceMArAN genetic

Kontroversi dari bahAN pANgAN termodifikasi secara genetika (genetically modified, GM) melibatkAN berbagai pihak dari konsumen, perusahaAN bioteknologi, pemBuat kebijAkAN, orgANisasi nirlaba, DAN ilmuwAN. BiDANg YANg diperdebatkAN DiAntarANYA apakah mAkANAN GM Harus diberikAN label, perAN pemerintah Sebagai pemBuat kebijAkAN, dampak mAkANAN GM Pada kesehatAN DAN lingkungAN, efek resistANsi pestisida, dampak tANaMAn pertANiAN GM Terhadap petANi, DAN perAN tANaMAn pertANiAN GM Sebagai penghasil bahAN pANgAN bagi poPulasi Dunia. OrgANisme termodifikasi secara genetik Juga mengunDANg risiko terjadinYA penceMArAN genetika Akibat penyerbukAN Antara tANaMAn GM DAN tANaMAn non GM di lokasi pertANiAN. Selain Itu, benih tANaMAn GM YANg tersebar ke alam liar Juga mengunDANg keresahAN serupa. Fenomena Ini disebut DengAN kontaminasi benih. SebagiAN Besar proses penyerbukAN terjadi Oleh ANgin DAN serANgga YANg Tidak MAmpu dikendalikAN secara peNUh Oleh MANUsia.

D. Irigasi

Irigasi Dapat memicu berbagai MAsalah, DiAntarANYA
  • BerkUrANgnYA akuifer air tANah secara drastis Karena pengambilAN air tANah berlebihAN
  • Subsiden tANah Karena ruANg di Antara bebatuAN di Bawah tANah YANg seHarusnYA diisi air tANah, menjadi kosong Sehingga berpotensi runtuh
  • TANah YANg Tidak diirigasi secara cukup Dapat menyebabkAN meningkatnYA kadar garam tANah YANg mengAkibatkAN salIni sasi tANah. TANah DengAN kadar garam YANg tinggi sulit untuk ditANami kembali.
  • Irigasi DengAN air asin AkAN menyebabkAN tANah rusak
  • Irigasi berlebihAN menyebabkAN polusi air Karena tercucinYA pupuk DAN pestisida dari tANah pertANiAN ke ekosistem seKitar
  • AlirAN permukaAN YANg Tidak ditata DengAN Baik MAmpu menyebabkAN penceMArAN air tANah DAN air permukaAN

E. PolutAN

Sejumlah Besar penggunaAN bahAN kimia pertANiAN MAmpu menjadi polutAN bagi lingkungAN Jika Tidak dikelola DengAN Baik. Pupuk DAN pestisida MAmpu terbawa air hujAN DAN mengendap di sungai DAN baDAN air lainnYA hingga terserap meNUju ke air tANah. Pestisida kimia Juga MAmpu mengAkibatkAN gANgguAN kesehatAN bagi MANUsia, terutaMA pestisida orgANoklorida. Kontaminasi tANah Juga Bisa terjadi Akibat penggunaAN bahAN kimia pertANiAN YANg berlebihAN.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda